Selasa, 28 Juni 2011

Ikhtiar penyembuhan penyakit Qalbu (hati)

Semua jenis penyakit tidak selamanya menetap dan tidak selamanya pergi. Namun hinggap dan menjauh dari qolbu manusia sesuai kondisi dan kemauan manusia itu sendiri untuk menjauhkan diri dari sifat-sifat tersebut.
Segala macam penyakit qalbu yang menimpa diri seseorang, dapat berimplikasi negatif terhadap kehidupannya. Oleh karena itu perlu diupayakan penyembuhan sebelum berkarat, mendarah daging serta menjadi watak yang sulit dihilangkan.
Penyembuhan yang paling efektif adalah seperti apa yang di kemukakan oleh Syaikh Ibrahim Al-Khawwash yang di rangkum dalam bentuk syair oleh Al-Malibari, yaitu :

“wadawaa’ul qalbi khomsatun fatilaawatun # Bitadabburil ma’naa walil bathnil kholaa”
Waqiyaamul lailin wattadlorru’u bissakhari # Wamujaalasaatush shaalihiinal fudlalaa

<<<(Kifaayatul atqiya’ : 49)>>>.


Penjabarannya ialah sebagai berikut :
Obat hati itu ada lima macam yang paling mujarab, diantaranya ialah :
1. Membaca Al-Qur’an
Firman Allah Swt :
“Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajarn dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman.”(Qs. Yunus, 57).

Kata syaikh Abdul Ghani An-Nabulusi :
“ Alqur’an itu adalah obat bagi qolbu. Sedangkan penyakit qalbu adalah ahlak yang buruk (takabur, hasud, riya’, dan lain-lain), aqidah yang sesat serta kebodohan yang mencelakakan. Dan Al-Qur’an bisa mengobati semua penyakit tersebut.” <<<(Al-Hadiqatun Nadiyah, 55)>>>.

2. Sering berpuasa
Puasa bisa melatih karakter seseorang bersifat jujur dan sabar. Ketika seseorang berpuasa, hanya ia dan Allah Swt lah yang tahu puasa yang sedang ia laksanakan itu.disinilah kejujuran dan kesabaran seseorang akan di uji.
Rasulullah Saw juga menjanjikan keutamaan yang sangat besar bagi orang-orang yang berpuasa.
Dalam sebuah hadist telah disebutkan :
“Dari Abi Sa’id Al-Khudri RA, ia berkata, “Rasulullah Saw bersabda, “barang siapa yang berpuasa satu hari dalam jalan Allah Swt, maka Allah Swt akan menjauhkannya dari api neraka selama tujuh puluh tahun” (HR. Bukhari).
3. Shalat malam
Dalam firman Allah Swt telah di sebutkan sebagaim berikut :
“Dan pada sebagian malam hari bersenbahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ketempat yang terpuji”.(QS.Al-Isra’, 79).
4. Banyak berdzikir pada sepertiga terakhir malam
5. Bergaul dengan orang-orang shaleh
Manusia adalah mahluk sosial yang tak bisa hidup sendiri. Dan dalam pergaulan ini timbul proses saling mempengaruhi.
Pepatah arab mengatakan :” Syarat pertemanan adalah adanya kecocokan”.
Dalam pergaulan ini Syeikh luqmanul hakim mengatakan :
“Wahai anakku, bergaullah kamu dengan para ulama’. Rapatkanlah kedua lututmu dihadapannya (selalu menimba ilmu darinya). Sesungguhnya Allah Swt menghidupkan qolbu dengan cahaya hikmah sebagai mana bumi subur dengan adanya hujan yang deras”.<<<(Luqmanul Hakim Wa Hikamuhu, 18)>>>.
By Insan Al-Faqir


Tidak ada komentar:

Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger templates